-->

pentingnya privinsi madura untuk pembanguanan daerah.

Madura adalad pulau besar bagian dari provinsi jawa timur. Besarnya pulau madura kurang lebih 5.168 km persegi, lebih kecil dari pulau bali. Pulau madura terdiri dari empat kabupaten, yaitu bangkalan, sampang, pamekasan, dan sumenep. Pulau madura saat ini populasinya sekitar 5 juta jiwa. Sedangkan untuk jumlah etnis madura berkisar 20 juta jiwa. Karena perbedaan jumlah penduduk yang menetap dan yang tidak maka etnis madura terkenal dengan etnis suka merantau.
Latar belakang permintaan pembentukan provinsi madura karena selain letak geografis yang terpisah dengan pulau jawa. Juga faktor bahasa dan budaya. Keinginan untuk membentuk provinsi madura pertama kali mencuat pada tahun 1995 dan 1999. Ada beberapa keuntungan apabila madura menjadi provinsi sendiri. Diantaranya :
1. Madura mempunyai sumber daya alam sepanjang pantai.
2. Madura mempunyai pariwisata yang belum terkelola.
3. Madura bisa dijadikan pulau central untuk menyambungkan beberapa pulau di indonesia. Dan bisa selaras dengam kebijakan jokowi yang ingin menjadikan indonesia sebagai poros maritim.
Tapi keinginan untuk menjadi provinsi bukanlah soal mudah. Karena ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi untuk menjadi provinsi seperti kurangnya jumlah kabupaten dan kota. Dan yang jelas keinginan untuk menjadi provinsi harua kita hargai sebagai bentuk keinginan dari warga untuk mandiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "pentingnya privinsi madura untuk pembanguanan daerah."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel