-->

ULAH CINA MENCURI IKAN DI NATUNA

ULAH CINA MENCURI IKAN DI NATUNA - Melalui kementrian luar negeri cina, mereka mengatakan bahwa cina tak memasuki areal wilayah kedaulatan Indonesia. Pemerintah cina beralasan bahwa kapal penangkap ikan dan penjaga pantai cina berada di tradisional fishing ground. Dan pemerintah alasan ini yang di anggap mengada - ada oleh Indonesia.

STOP CINA

Menurut pengamat hukum internasional mengatakan bahwa Tradisional fishing ground berlaku bila ada perjanjian antara kedua belah negara dalam mengeksplorasi sumber daya ikan. Sejauh ini Indonesia hanya mempunyai perjanjian tersebut dengan pemerintah malaysia.


Yang jelas pemerintah Indonesia harus tegas menghadapi Arogansi cina. Cina seakan akan sudah tak mempunyai lawan kuat di Asia sehingga bisa berbuat semena - mena terhadap negara lain. 

Tak terkecuali Indonesia. Walaupun posisi indonesia sangat strategis dalam menghadapi konflik laut cina selatan tetapi bila melihat arogansi dan kesombongan cina bukan tidak mungkin gerakan anti cina yang berlangsung di malaysia akan merambat ke indonesia.

Perbuatan itu memang patut disayangkan. Selain berperan di laut cina selatan posisi Indonesia juga merupakan mitra buat cina. Apabila cina dengan sombongnya melindungi pelaku illegal fishing berarti cina sudah mengintervensi dan mengijak injak kedaulatan NKRI.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan oleh pemerintah indonesia, itulah pertanyaan yang dinanti - nanti oleh masyarakat indonesia. Sejauh ini indonesia akan mengajukan ke mahkamah internasional mengenai kasus ini dan bila tak ketemu titik tengah putuskan saja hubungan dengan cina. 

Tapi apakah Indonesia mampu memutuskan hubungan dengan cina. Selama ini kita tahu bahwa pemerintah kita banyak berhutang terhadap cina. Jadi karena ketergantungan ekonomi ini lah Indonesia di injak - injak harga dirinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ULAH CINA MENCURI IKAN DI NATUNA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel